PERSEPSI SISWA SMA NEGERI 1 SLEMAN TERHADAP IKLAN POLITIK MEDIA LUAR RUANG DALAM KAMPANYE PEMILUKADA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2015

Arifin, As’ad Syamsul (2016) PERSEPSI SISWA SMA NEGERI 1 SLEMAN TERHADAP IKLAN POLITIK MEDIA LUAR RUANG DALAM KAMPANYE PEMILUKADA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2015. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
SKRIPSI 12401244026.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan persepsi siswa di SMA Negeri 1 Sleman terhadap iklan politik media luar ruang kampanye Pemilukada Sleman tahun 2015, harapan siswa terhadap iklan politik media luar ruang dan pandangan siswa SMA Negeri 1 Sleman terhadap mata pelajaran PPKn dalam memberikan pemahaman terhadap kampanye politik dalam pemilihan umum. Jenis penelitian adalah kualitatif, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria: siswa terdaftar sebagai pemilih tetap dalam Pemilukada Sleman tahun 2015, berusia 17 sampai 22 tahun dan pernah membaca dan mencermati kampanye Pemilukada Sleman melalui iklan politik media luar ruang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam kepada 16 subjek penelitian dan studi dokumentasi, kemudian keduanya di cross check sebagai teknik pemeriksaan keabsahan data. Data yang didapat kemudian dianalisis. Hasil dari analisis data kemudian disajikan dari awal hingga akhir secara deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh Pertama, persepsi siswa SMA Negeri 1 Sleman tentang iklan politik media luar ruang sebagai media promosi oleh pasangan calon pemimpin Kabupaten Sleman dengan memasang spanduk, poster, stiker dan pamflet di lokasi-lokasi strategis agar rakyat tertarik untuk memilih. Sisi positif dari iklan politik media luar ruang adalah komunikatif, sehingga bermanfaat bagi siswa untuk memperoleh informasi tentang visi-misi yang akan diwujudkan apabila nantinya terpilih serta untuk mengenali karakter calon pemimpin Sleman dan iklan politik media luar ruang juga dapat memberikan dampak terhadap orientasi politik siswa atau perilaku pemilih, karena berhubungan erat dengan aspek sosiologis dan psikologi siswa. Aspek sosiologis misalnya siswa masih dipengaruhi latar belakang sosiologis seperti agama, pendidikan dan jenis kelamin pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sleman dan aspek psikologi seperti pengalaman-pengalaman siswa dari hasil interaksi dengan lingkungan atau orang lain. Sisi negatif iklan politik media luar ruang menurut siswa banyak menimbulkan sampah serta masih mengganggu pemandangan bagi para pengguna fasilitas publik. Kedua, Harapan siswa SMA Negeri 1 Sleman pada iklan politik media luar ruang Pemilukada periode selanjutnya adalah materi iklan yang sederhana dan mudah dipahami, tidak menyalahi peraturan kampanye, pengawasan dan tanggung jawab tim kampanye ditingkatkan dan sanksi yang dijatuhkan harus tegas. Ketiga Dalam mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Sleman siswa mempunyai pandangan bahwa mata pelajaran PPKn mempunyai konstribusi dalam memberikan pemahaman tentang pemilihan umum dan kampanye politik, ini ditunjukkan dengan media pembelajaran yang digunakan guru PPKn adalah discovery learning. Kata kunci : pemilihan umum, pemilih pemula, kampanye, iklan politik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 30 Aug 2016 01:35
Last Modified: 30 Jan 2019 10:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40842

Actions (login required)

View Item View Item