Yulianto, Tri (2016) KEEFEKTIFAN METODE PROBING PROMPTING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SURAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada perbedaan keterampilan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode probing prompting dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional; (2) menguji keefektifan metode probing prompting dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah desain prates pascates kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Surakarta. Berdasarkan teknik cluster random sampling ditetapkan Kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa prates dan pascates. Validitas instrumen berupa validitas isi. Validitas dan reliabilitas dihitung menggunakan program komputer SPSS 23.0. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian yang dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS 23.0 menunjukkan data prates dan pascates berdistribusi normal dan homogen. Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis teks berita antara siswa yang diberi pembelajaran menulis menulis teks berita dengan menggunakan metode probing prompting dan siswa yang diberi pembelajaran menggunakan metode konvensional; (2) metode probing prompting efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Surakarta. Analisis uji-t data pascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung 2,944 dengan db 60, dan nilai p 0,005. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p = 0,005 < 0,05). Hasil analisis uji-t data prates dan pascates kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung yaitu 6,670 dengan db 30, dan nilai p 0,000. Nilai p kurang dari taraf signifikansi 5% (p = 0,000 < 0,05).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 01:33 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40839 |
Actions (login required)
View Item |