PENGARUH SUBSTITUSI PAKAN KOMERSIAL DENGAN TEPUNG UNDUR-UNDUR LAUT ( Emerita sp.) TERHADAP BERAT BADAN BURUNG PUYUH JANTAN(Coturnix coturnix japonica L)

Pratiwi, Ika (2016) PENGARUH SUBSTITUSI PAKAN KOMERSIAL DENGAN TEPUNG UNDUR-UNDUR LAUT ( Emerita sp.) TERHADAP BERAT BADAN BURUNG PUYUH JANTAN(Coturnix coturnix japonica L). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IKA PRATIWI.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi tepung undur-undur laut ke dalam pakan komersial dan mengetahui dosis optimum substitusi tepung undur-undur laut dalam pakan terhadap berat badan burung puyuh jantan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen satu faktor yang menggunakan pola Rancangan Acak Lengkap (RAL). Objek penelitian ini adalah burung puyuh jantan berumur 8 hari setelah tetas dengan berat 14 gram sebanyak 50 ekor. Burung puyuh tersebut dibagi menjadi 5 kelompok, yaitu 1 kelompok kontrol dan 4 kelompok perlakuan dengan 10 ekor burung puyuh setiap perlakuan sebagai ulangan. Pakan dibedakan atas lima dosis substitusi undur-undur laut yaitu 30%, 35%, 40%, 45%, serta dosis 0% sebagai kontrol. Pemeliharaan burung puyuh jantan dilakukan selama 28 hari. Variabel tergayut dalam penelitian ini adalah berat badan hidup burung puyuh jantan dalam satuan gram. Pengukuran berat badan burung puyuh jantan dilakukan pada hari ke 28 penelitian menggunakan timbangan digital kapasitas maksimal 5 kg dengan batas ketelitian 1 gram. Data berat badan burung puyuh jantan dianalisis dengan analisis statistik One Way Anova untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan dari substitusi pakan komersial dengan tepung undur-undur laut terhadap berat badan burung puyuh jantan. Apabila terdapat pengaruh signifikan, maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) untuk mengetahui perbedaan antara kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan maupun antar perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa substitusi tepung undur-undur laut berpengaruh sangat nyata (p0,01) terhadap berat badan burung puyuh jantan dengan dosis optimum substitusi undur-undur laut pada dosis 40%. Perlakuan dengan komposisi 40% tepung undur-undur laut dan 60% pakan komersial menghasilkan respon paling baik dalam meningkatkan berat badan hidup burung puyuh jantan. Kata kunci: berat badan, burung puyuh jantan, tepung undur-undur laut

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 10:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40834

Actions (login required)

View Item View Item