PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Arrum Wijayanti, Shafira (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Undergraduate Thesis_SHAFIRA ARRUM WIJAYANTI_12818244015.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016, 2) mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016, 3) mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakrata Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 sejumlah 96 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data Hasil Belajar Akuntansi, angket digunakan untuk memperoleh data variabel Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru dan Motivasi Belajar. Uji coba instrumen dilakukan di SMK Negeri 1 Yogyakarta dengan N=30. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan rx1y= 0,294, r2x1y= 0,087; thitung= 2,984; ttabel= 1,660 dan signifikansi 5%. 2) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan rx2y= 0,231, r2x2y= 0,053; thitung= 2,300; ttabel= 1,660 dan signifikansi 5%. 3) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2)= 0,319; R2y(1,2)= 0,82; Fhitung= 5,257; Ftabel= 3,09 dan signifikansi 5%. Sumbangan Relatif Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru sebesar 17,05% dan Sumbangan Efektif 9,37%. Sumbangan Relatif Motivasi Belajar 82,95% dan Sumbangan Efektif sebesar 4,56%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Aug 2016 01:15
Last Modified: 30 Jan 2019 10:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40833

Actions (login required)

View Item View Item