HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS II KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Hidayati, Anisah Kauniyah (2016) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS II KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Anisah Kauniyah Hidayati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SD se-Gugus II Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan merupakan penelitian ex-post facto dengan bentuk korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD se-Gugus II Kecamatan Piyungan berjumlah 184 siswa. Pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin berjumlah 126 siswa dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket kebiasaan belajar dan dokumentasi hasil belajar siswa. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas menggunakan analisis butir dengan rumus korelasi Product Moment. Uji reliabilitas instrument menggunakan Cronbach Alpha dengan hasil 0,922. Uji prasyarat analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas dan linearitas. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan belajar siswa tergolong sedang sebanyak 63,08% dan sebanyak 73,02% siswa hasil belajarnya sedang. Pada pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa nilai rhitung 0,292 dan sig.0,001<0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar. Dengan demikian maka semakin tinggi kebiasaan belajar siswa, semakin tinggi pula hasil belajarnya. Kata kunci: Kebiasaan belajar, Hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2016 01:04
Last Modified: 30 Jan 2019 10:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40827

Actions (login required)

View Item View Item