PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FIKSI MELALUI METODE EKSPLORASI MEMBACA SISWA KELAS IVB DI SEKOLAH DASAR NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA

Aghittara, Amanda Oksaventa (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FIKSI MELALUI METODE EKSPLORASI MEMBACA SISWA KELAS IVB DI SEKOLAH DASAR NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Amanda Oksaventa Aghittara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran, dan keterampilan menulis cerita fiksi melalui metode eksplorasi membaca siswa kelas IV B Sekolah Dasar Negeri Gedongkiwo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB di SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta tahun ajaran 2015/ 2016 sebanyak 23 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan menulis cerita fiksi. Penelitian ini difokuskan kepada peningkatan keterampilan siswa dalam menulis cerita fiksi setelah menerapkan metode eksplorasi membaca. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1)observasi, 2)tes, dan 3)dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran dan keterampilan menulis cerita fiksi siswa kelas IV. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilihat dari aktivitas siswa dan guru. Siswa menjadi berani menuangkan idenya, siswa menjadi gemar membaca, dan siswa menjadi antusias dalam menulis cerita fiksi. Guru berperan aktif sebagai fasilitator dan pembimbing siswa saat menulis cerita fiksi. Sedangkan, peningkatan keterampilan menulis cerita fiksi dapat dilihat dari hasil menulis siswa dari rerata 62,26 pada pra tindakan menjadi 71,33 pada siklus I, dan menjadi 83,29 pada siklus II. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa metode eksplorasi membaca dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis cerita fiksi siswa kelas IV. Kata kunci: keterampilan menuli cerita fiksi, metode eksplorasi membaca, siswa kelas IV SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2016 01:01
Last Modified: 30 Jan 2019 10:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40823

Actions (login required)

View Item View Item