EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS MAN 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Dyah Permatasari, Niken (2016) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS MAN 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pengunaan internet sebagai sumber belajar guna meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPS MAN 3 Yogyakarta yang menempuh mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini tergolong penelitian sampel yakni dengan pertimbangan tertentu menentukan dua kelas yang sedang sama-sama mengikuti pelajaran ekonomi yakni kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan metode angket. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan pengujian prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Metode analisis data yang digunakan adalah Anova dan Uji-T separated varians untuk mengetahui perubahan tingkat kepercayaan diri dan kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kepercayaan diri peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media internet sebagai sumber belajar yang ditunjukkan dari signifikansi uji Anova sebesar 0,001 (2) terdapat perbedaan kemandirian belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media internet sebagai sumber belajar dan yang tidak menggunakan media internet sebagai sumber belajar yang ditunjukkan dari signifikansi uji Anova sebesar 0,018, (3) terdapat peningkatan kepercayaan diri peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dengan berbasis internet ditunjukkan dari hasil kepercayaan diri awal, terendah 56, tertinggi 94 dan nilai rerata 78,29, sementara untuk kepercayaan diri akhir, terendah 69, tertinggi 99 dan rerata 83,07, pada uji beda dengan menggunakan Uji-T pada taraf sig 0,001, (4) terdapat peningkatan kemandirian belajar peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran berbasis internet ditunjukkan dari hasil kemandirian belajar awal, terendah 43, tertinggi 75 dan nilai rerata 61, sementara untuk kemandirian belajar akhir, terendah 50, tertinggi 76 dan nilai rerata 63,32, pada uji beda dengan mengunakan Uji-T pada taraf sig 0,030. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis internet dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian belajar mata pelajaran ekonomi pada peserta didik kelas XI IPS dibandingkan dengan pembelajaran tidak berbasis internet.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Internet Sebagai Sumber Belajar, Kepercayaan Diri, Kemandirian Belajar
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Aug 2016 00:58
Last Modified: 30 Jan 2019 10:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40820

Actions (login required)

View Item View Item