PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KHAS PADA SD KANISIUS EKSPERIMENTAL MANGUNAN SLEMAN YOGYAKARTA

Setiawan, Agus (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KHAS PADA SD KANISIUS EKSPERIMENTAL MANGUNAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Agus Setiawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian bertujuan mengetahui pelaksanaan Pembelajaran Khas pada SD Kanisius Eksperimental Mangunan Yogyakarta. Penelitian ini menguraikan pelaksanaan Pembelajaran Khas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan hambatan. Jenis penelitian adalah kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Kanisius Eksperimental Mangunan Yogyakarta. Subjek penelitian Kepala Sekolah, Guru,dan seluruh Siswa kelas IV SD Kanisius Eksperimental Mangunan Yogyakarta yang berjumlah 24 siswa. Objek penelitian adalah pelaksanaan Pembelajaran Khas pada SD Kanisius Eksperimental Mangunan. Pengumpulan data dengan observasi kelas, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik anaisis data menggunakan cara Miles dan Huberman dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran Khas yang dilaksanakan pada SD Kanisius Eksperimental Mangunan yaitu Komunikasi Iman, Membaca Buku Bagus, Kotak Pertanyaan dan Musik pendidikan. Perencanaan Pembelajaran Khas dilakukan oleh guru dan pengembang yang didasarkan pada tujuan pembelajaran menciptakan pembelajar yang berjiwa eksploratif, kreatif, integral, dan komunikatif. Pembelajaran Komunikasi Iman merupakan pembelajaran budi pekerti dan pendidikan spiritual. Pembelajaran Membaca Buku Bagus mengarakkan siswa untuk berpikir multidimensional serta berpandangan secara luas. Pembelajaran Kotak Pertanyaan dilakukan untuk merangsang jiwa bertanya, mencari, dan menyelidik. Pembelajaran Musik Pendidikan dilakukan untuk menumbuhkan rasa musikal anak. Hambatan dalam pelaksanaan Pembelajaran Khas yaitu penyediaan media, metode, dan pemilihan materi yang relevan sesuai dengan zaman. Kata kunci: Pembelajaran Khas, perencanaan, pelaksanaan, dan hambatan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2016 00:55
Last Modified: 30 Jan 2019 10:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40817

Actions (login required)

View Item View Item