LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 02 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 LOKASI SMP N 8 YOGYAKARTA

OCTAVIASRI WAHYU ARDIANI, OCTAVIASRI WAHYU ARDIANI (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 02 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 LOKASI SMP N 8 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (828kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta adalah salah satu lembaga perguruan tinggi yang menyiapkan tenaga pendidik profesional. Salah satu program yang diadakan oleh UNY adalah kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang mencakup latihan mengajar, cara menyiapkan rencana proses pembelajaran dan manajemen pengelolaan kelas. Dalam PPL ini terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain mengajar teori dan praktik di sekolah. Dalam kegiatan mengajar perlu diakukan berbagai persiapan diantaranya adalah pembuatan administrasi guru, silabus, RPP, media pembelajaran dan lain-lain. Dalam praktik mengajar untuk mahasiswa program studi Pendidikan IPA, diberi kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar kelas VIII 6 – VIII 10 dengan harapan mahasiswa memiliki pengalaman mengajar masing-masing kelas yang memiliki karakter yang berbeda, sehingga pengalaman dan wawasan semakin luas. Pelaksanaan praktik mengajar diambil dari jadwal guru pembimbing, dengan jadwal dan alokasi waktu jam pelajaran guru mata pelajaran IPA. Adapun alokasi waktu mengajar mata pelajaran IPA adalah 1 jam x 40 menit, sedangkan ketika di bulan ramadan alokasi waktu mengajar IPA yakni 1 jam X 30 menit. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan bahan ajar yang akan diajarkan, belajar untuk mengatasi hambatan-hambatan yang muncul, saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan menjalin komunikasi yang baik antara semua pihak yang berkaitan, misalnya dengan Bapak/Ibu guru dan karyawan yang berada di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Untuk memperoleh hasil yang baik perlu ditingkatkan koordinasi antara LPPMP, DPL PPL dan sekolah agar dapat memberikan informasi yang akurat kepada praktikan PPL sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran, khususnya mengenai kurikulum baru 2013. Komunikasi atau informasi dari LPPMP harus lebih dimaksimalkan dan lebih dipastikan sampai pada mahasiswa. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL 2014 dapat berjalan lancar. Kelancaran pelaksanaan program PPL UNY 2014 ini tidak terlepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, mahasiswa serta siswa SMP Negeri 8 Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: UNY, PPL, SMP Negeri 8 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Aug 2016 09:04
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40810

Actions (login required)

View Item View Item