LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN

RISKA DWITASARI, RISKA DWITASARI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER - KATA PENGANTAR - DAFTAR ISI DAN DAFTAR LAMPIRAN - ABSTRAK.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI LAPORAN RISKA DWITASARI.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah untuk mencetak tenaga kependidikan yang profesional berwawasan global. Mahasiswa PPL melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan di SMA Negeri 2 Banguntapan yang beralamat di Glondong, Wirokerten, Banguntapan, Bantul. Kegiatan PPL dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, mahasiswa PPL mengikuti pembekalan pengajaran mikro, mengikuti kuliah pengajaran mikro (microteaching), dan melakukan observasi proses pembelajaran dan kondisi sekolah. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa PPL melakukan praktik mengajar (terbimbing dan mandiri) serta mendapat kepercayaan untuk mengajar dua kelas yaitu kelas X IIS 1 dan X IIS 2 di bawah bimbingan Ibu Rumi Hatsari, S.Pd. dengan materi Eksponen dan Logaritma. Mahasiswa PPL juga membuat perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan silabus. Mahasiswa PPL dalam penyampaian materi menggunakan pendekatan saintifik dengan metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi. Tahap evaluasi pembelajaran dilakukan untuk mengetahui kekurangan mahasiswa PPL selama mengajar di dalam kelas. Kegiatan PPL di SMA Negeri 2 Banguntapan berjalan dengan lancar. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan, akan tetapi semua hambatan tersebut dapat teratasi dengan baik atas bimbingan dan masukan dari guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), kerjasama yang baik dengan teman PPL, pihak sekolah, dan pihak terkait lainnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, PPL, SMA Negeri 2 Banguntapan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Aug 2016 08:48
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40809

Actions (login required)

View Item View Item