PERBEDAAN KONSEP DIRI DITINJAU DARI URUTAN KELAHIRAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/ 2016

Dina Setyapramesti, Dina (2016) PERBEDAAN KONSEP DIRI DITINJAU DARI URUTAN KELAHIRAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/ 2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
DINA SETYAPRAMESTI_11104244046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan konsep diri remaja antara anak tunggal dengan anak sulung, anak tunggal dengan anak tengah, anak tunggal dengan anak bungsu, anak sulung dengan anak tengah, anak sulung dengan anak bungsu, dan anak tengah dengan anak bungsu siswa kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta serta untuk mendeskripsikan bagaimana konsep diri anak tunggal, anak sulung, anak tengah, dan anak bungsu kelas X di SMK N 7 Yogyakarta pada setiap aspek. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini yakni siswa kelas X dengan 29 siswa anak tunggal, 27 siswa anak sulung, 26 siswa anak tengah, dan 26 siswa anak bungsu. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala konsep diri, uji validitas menggunakan koefisien item total dengan batasan minimal koefisien korelasi > 0,25 dan uji reliabilitas dengan nilai 0,717, analisis data menggunakan teknik analisis statistik ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan angka signifikansi 0,000 untuk perbedaan konsep diri ditinjau dari urutan kelahiran. Hasil tersebut berarti menunjukkan bahwa terdapat perbedaan konsep diri ditinjau dari urutan kelahiran. Selain itu hasil penelitian menunjukakan angka signifikan 0,000 untuk perbedaan antara konsep diri anak tunggal dengan anak sulung, 0,013 untuk perbedaan antara konsep diri anak tunggal dengan anak tengah, 0,000 untuk perbedaan konsep diri anak tunggal dengan anak bungsu, 0,011 perbedaan antara konsep diri anak sulung dengan anak tengah, 0,019 perbedaan konsep diri anak sulung dengan anak bungsu, dan 0,023 perbedaan antara anak tengah dengan anak bungsu. Hasil tersebut berarti menunjukkan bahwa terdapat perbedaan konsep diri remaja antara anak tunggal dengan anak sulung, anak tunggal dengan anak tengah, anak tunggal dengan anak bungsu, anak sulung dengan anak tengah, anak sulung dengan anak bungsu, dan anak tengah dengan anak bungsu siswa kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta. Kata kunci : konsep diri, urutan kelahiran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 29 Aug 2016 08:42
Last Modified: 30 Jan 2019 10:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40808

Actions (login required)

View Item View Item