RATRIA DEVY, RATRIA DEVY (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 2 BANGUNTAPAN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
ISI LAPORAN PPL.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (368kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMA N 2 Banguntapan yang terletak di Desa Glondong, Kecamatan Wirokerten, Banguntapan, Bantul dan berlangsung selama kurang lebih 12 minggu, sejak tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan managemen di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial serta memberikan kesempatan untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran kimia pada khususnya. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) meliputi kegiatan praktik mengajar dan kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Praktik mengajar dimulai sejak tanggal 6 Agustus 2014 dan dilakukan di kelas dengan jumlah mengajar selama minimal 8 kali pertemuan. Adapun hasil yang dicapai selama PPL, yakni diperolehnya pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan managemen di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar umumnya sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meskipun masih terdapat hambatan baik yang bersifat klasikal maupun teknis. Hambatan yang ada dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan pihak yang terkait yaitu guru pembimbing sehingga permasalahan segera dapat diselesaikan. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mahasiswa dapat merasakan secara langsung kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM). Kegiatan PPL ini memberikan manfaat yang sangat besar karena ilmu yang sudah diterima di kampus benar-benar dapat dimanfaatkan dan dibagikan kepada para siswa serta praktikan dapat belajar mengelola kegiatan belajar-mengajar di kelas dengan baikwalaupun masih terdapat kekurangan - kekurangan yang ditemui selama kegiatan PPL ini berlangsung. Namun hal yang paling penting adalah mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang berharga, yang terkait dengan hubungan kekeluargaan yang sudah terjalin dengan para siswa.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik mengajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, kompetensi pedagogik. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 08:28 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |