AKULTURASI PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA PENDATANG TERHADAP BUDAYA YOGYAKARTA JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN TAHUN 2012 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Dessetyatun, Dessetyatun (2016) AKULTURASI PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA PENDATANG TERHADAP BUDAYA YOGYAKARTA JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN TAHUN 2012 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Akulturasi psikologis merupakan proses adaptasi individu terhadap budaya baru yang menimbulkan perubahan secara psikologis, dan berdampak pada perilaku individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana hasil strategi akulturasi psikologis pada mahasiswa pendatang terhadap budaya Yogyakarta dilihat berdasarkan strategi akulturasi psikologis, dan dilihat dari penyesuaian diri individu, yang ditinjau melalui aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek sikap, serta ditinjau melalui aspek interaksi sosial, dan aspek partisipasi sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang secara spesifik diarahkan pada penggunaan metode fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di D.I.Yogyakarta, dikarenakan di Yogyakarta terdapat berbagai macam suku bangsa, dan khas dengan kemajemukan budayanya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam, observasi. Subyek dalam penelitian ini berjumlah lima orang, dan merupakan mahasiswa pendatang yang berasal dari luar Yogyakarta. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan pedoman observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akulturasi psikologis dari ke lima subyek dilihat dari strategi akulturasi yang digunakkan, meliputi satu subyek menggunakkan strategi asimilasi, satu subyek menggunakkan strategi integrasi, dua subyek menggunakkan strategi separasi, dan satu subyek menggunakkan strategi marjinalisasi, serta akulturasi psikologis dilihat berdasarkan adaptasi individu atau penyesuaian diri individu terhadap budaya Yogyakarta dapat ditinjau melalui aspek- aspek penyesuaian diri meliputi: 1)dua subyek yang memahami budaya Yogyakarta, dan tiga subyek kurang memahami budaya Yogyakarta. 2)dua subyek merasa nyaman, dan tiga subyek tidak merasa nyaman. 3) tiga subyek menunjukkan sikap positif, dan dua subyek menunjukkan sikap negatif. 4)dua subyek dapat melakukan interaksi sosial dengan baik, dan tiga subyek kurang bisa melakukan interaksi sosial dengan baik, 5)dua subyek pernah melakukan partisipasi sosial, dan satu subyek pernah melakukan partisipasi sosial dengan terpaksa, dan dua subyek tidak pernah melakukan partisipasi sosial. Secara keseluruhan diketahui dua subyek dapat melakukan akulturasi psikologis dengan baik, dan tiga subyek kurang bisa melakukan akulturasi psikologis dengan baik di lingkungan kebudayaan Yogyakarta. Kata kunci : akulturasi psikologis, mahasiswa pendatang, budaya Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 29 Aug 2016 08:23
Last Modified: 30 Jan 2019 10:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40803

Actions (login required)

View Item View Item