PENGGUNAAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 1 BERBAH

Ramadona dwi Marsela, Ramadona (2016) PENGGUNAAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 1 BERBAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan motivasi belajar yang rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dengan menggunakan metode Quantum Learning pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Berbah . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas VIIC yang berjumlah 29 siswa. Skala psikologis yang digunakan adalah skala motivasi belajar. Uji validitas skala menggunakan validitas isi melalui experts judgment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil skor pre-test dan post-test, yaitu adanya peningkatan skor motivasi belajar subjek pada setiap siklus yang dilakukan. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Berbah. Terlihat dari pre-test 74,06 yang mengalami peningkatan sebesar 11, 31 menjadi 85,37 pada post-test I. Sedangkan post-test I mengalami peningkatan sebesar 13,87 menjadi 99,24 pada post-test II. Dengan demikian maka dapat disimpulakan bahwa metode Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Berbah . Kata kunci : quantum learning, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 29 Aug 2016 08:13
Last Modified: 30 Jan 2019 10:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40799

Actions (login required)

View Item View Item