LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK MENGAJAR LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI – 17 SEPTEMBER SMA N 2 BANGUNTAPAN

Irenius Gonsalves Gae P.S, Irenius Gonsalves Gae P.S (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK MENGAJAR LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI – 17 SEPTEMBER SMA N 2 BANGUNTAPAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, D.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1-3.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh bagi seluruh mahasiswa kependidikan UNY, yang mempunyai bobot 3 SKS. Dengan demikian diharapkan mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh baik dibangku kuliah maupun ilmu yang telah didapat dari pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. Karena tujuan dilaksanakannya PPL tersebut adalah untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa dalam mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga dalam proses pembelajaran, maupun kegiatan manajerial kelembagaan, serta dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai ke dalam kehidupan nyata. Selain itu, tujuan dilaksanakannya PPL ini juga diharapkan dapat memacu pengembangan sekolah atau lembaga. Kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih 2.5 bulan terhitung sejak tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014, yang berlokasi di SMA Negeri 2 Banguntapan. Praktik mengajar dilaksanakan dari minggu ketiga bulan Juli sampai minggu kedua bulan september 2014. Namun kegiatan belajar mengajar baru aktif dilaksanakan mulai tanggal 6 Agustus. Selama praktik mengajar praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu kelas XII IPA 2, XII IPS 1 dan XII IPS 3. Selama seminggu praktikan mengajar sebanyak 3 kelas dengan jumlah jam sebanyak 2 jam pelajaran per kelas. Pelaksanaan PPL ini tidak lepas dari hambatan-hambatan. Namun demikian praktikan berusaha sebaik mungkin untuk dapat meminimalisir hambatan-hambatan yang terjadi di lapangan. Salah satu cara untuk meminimalisir hambatan-hambatan yang terjadi PPL yaitu dengan cara menjalin kerja sama yang baik dengan semua pihak terkait baik dengan LPPMP, pihak sekolah (Guru, Karyawan, serta peserta didik) dengan rekan-rekan mahasiswa lainnya yang melaksanakan PPL, serta memandang segala hambatan dan kendala yang terjadi dengan tetap berpikiran positif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMA N 2 Banguntapan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Aug 2016 08:14
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40798

Actions (login required)

View Item View Item