LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI : SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA

Diana Fitriani, Diana Fitriani (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI : SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
HALPENGESAHAN-ABSTRAK 2.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (98kB)
[img] Text
BAB 2.doc

Download (147kB)
[img] Text
BAB 3.doc

Download (128kB)

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta merupakan program praktik pengalaman lapangan yang dirancang sebagai bentuk maupun bagian dari implementasi, pengabdian, tanggung jawab, serta loyalitas perguruan tinggi. Program PPL ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi lokasi praktik, kegiatan yang dilaksanakan, hasil, serta saran dalam kegiatan PPL. Kegiatan PPL dilaksanakan secara bertahap, yaitu mulai dari persiapan berupa observasi pembelajaran di kelas, dan pembuatan persiapan mengajar. Praktik mengajar mahasiswa dilaksanakan setelah mahasiswa menyusun rencana sekolah yaitu piket praktik belajar-mengajar dan piket perpustakaan. Hasil PPL mengungkapkan bahwa mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dengan teori kependidikan secara terpadu, yang dapat digunakan sebagai bekal membentuk calon pendidik professional. Dengan semua program kegiatan yang dilaksanakan oleh penyusun tersebut, penyusun berharap dapat menyajikan kegiatan tersebut sebagai wadah untuk memaksimalkan semua potensi yang penyusun miliki. Selain itu, juga membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM melalui pembangunan pendidikan. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta merupakan program praktik pengalaman lapangan yang dirancang sebagai bentuk maupun bagian dari implementasi, pengabdian, tanggung jawab, serta loyalitas perguruan tinggi. Program PPL ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi lokasi praktik, kegiatan yang dilaksanakan, hasil, serta saran dalam kegiatan PPL. Kegiatan PPL dilaksanakan secara bertahap, yaitu mulai dari persiapan berupa observasi pembelajaran di kelas, dan pembuatan persiapan mengajar. Praktik mengajar mahasiswa dilaksanakan setelah mahasiswa menyusun rencana sekolah yaitu piket praktik belajar-mengajar dan piket perpustakaan. Hasil PPL mengungkapkan bahwa mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dengan teori kependidikan secara terpadu, yang dapat digunakan sebagai bekal membentuk calon pendidik professional. Dengan semua program kegiatan yang dilaksanakan oleh penyusun tersebut, penyusun berharap dapat menyajikan kegiatan tersebut sebagai wadah untuk memaksimalkan semua potensi yang penyusun miliki. Selain itu, juga membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM melalui pembangunan pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program Kerja, SMP Negeri 8 YogyakartaPPL, Program Kerja, SMP Negeri 8 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Aug 2016 08:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40796

Actions (login required)

View Item View Item