PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII PAKET B SETARA SMP DI PKBM NGUDI MAKMURJAMUS PENGASIH KULON PROGO

Desiani Widayati, Desi (2016) PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII PAKET B SETARA SMP DI PKBM NGUDI MAKMURJAMUS PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Desiani Widayati_09102249026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media powerpoint untuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran IPA kelas VIII Paket B setara SMP di PKBM Ngudi Makmur, Jamus, Pengasih Kulon Progo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan kolaborator pendidik IPA Paket B Kelas VIII Paket B PKBM Ngudi Makmur. Penelitian dilakukan dalam dua siklus untuk melihat peningkatan motivasi belajar yang dihasilkan dari setiap siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penggunaan media powerpoint pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII Paket B setara SMP di PKBM Ngudi Makmur. Pada siklus I, media powerpoint hanya menampilkan ringkasan materi pembelajaran. Pada siklus II, penggunaan media powerpoint ditambahkan gambar dan video, disertai pula poin-poin materi pembelajaran, sehingga peserta didik lebih menunjukkan antusiasnya dalam memperhatikan penjelasan pendidik dan aktif dalam pembelajaran. Peningkatan motivasi belajar peserta didik tersebut dapat dilihat dari peningkatan persentase rata- rata yang dicapai pada penelitian yang dilakukan dari pra tindakan ke siklus I dan siklus II. Hasil persentase rata-rata yang diperoleh pada observasi pra tindakan sebesar 12,2% atau termasuk dalam kategori rendah, meningkat menjadi 19,94% atau termasuk dalam kategori rendah pada siklus I pertemuan pertama (ada peningkatan sejumlah 7,74%), dan meningkat menjadi 33,28% atau termasuk dalam kategori rendah pada siklus I pertemuan kedua (ada peningkatan sejumlah 13,34%). Pada siklus II pertemuan pertama persentase rata-rata meningkat menjadi 54,4% atau termasuk dalam kategori tinggi (ada peningkatan sejumlah 21,12%), dan meningkat menjadi 84,4% atau termasuk dalam kategori sangat tinggi (ada peningkatan sejumlah 30%). Kata Kunci: Media Powerpoint, Pembelajaran IPA, Paket B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:19
Last Modified: 30 Jan 2019 10:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40789

Actions (login required)

View Item View Item