PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN SIOMI (SIOMAI CUMI-CUMI SARI WORTEL) PADA SISWA PROGRAM EKSTRAKURIKULER MEMASAK DI SMA NEGERI 1 TURI

Elsa Mareta, Elsa Mareta (2016) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN SIOMI (SIOMAI CUMI-CUMI SARI WORTEL) PADA SISWA PROGRAM EKSTRAKURIKULER MEMASAK DI SMA NEGERI 1 TURI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Elsa Mereta 075112421026.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN SIOMI (SIOMAI CUMI-CUMI SARI WORTEL) PADA SISWA PROGRAM EKSTRAKURIKULER MEMASAK DI SMA NEGERI 1 TURI Oleh Elsa Mareta NIM. 07511241026 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Membuat video pembelajaran pembuatan siomi pada ekstrakurikuler memasak di SMA Negeri 1 Turi; (2) Mengetahui kelayakan video pembelajaran pembuatan siomi pada ekstrakurikuler memasak di SMA Negeri 1 Turi Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Turi, pada siswa ekstrakurikuler memasak, beralamat di Gununganyar, Donokerto, Turi, Sleman. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan Mei 2012 - Juni 2013. Penelitian pengembangan ini dengan 3 langkah yaitu; (1) Planning: menentukan kebutuhan dan tujuan, mengumpulkan sumber, dan menghasilkan gagasan; (2) Design: membuat flowchart, membuat storyboard, dan mempersiapkan skrip; (3) Development: memproduksi video dan audio, memprogram materi, meyiapkan komponen pendukung, mengevaluasi dan revisi. Validasi media pembelajaran oleh satu orang dosen ahli media dan satu orang dosen ahli materi. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang mengikuti ekstrakurikuler memasak di SMA Negeri 1 Turi, dan sample sebanyak 52 orang. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi pearson yang ada dalam program SPSS 16. Uji realibilitas dilakukan dengan metode Alpha Cronbach, nilai alfa lebih besar dari 0,6 yaitu 0,958 untuk uji coba instrumen termasuk sangat tinggi/reliable. Analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah; (1) Menghasilkan video pembelajaran pembuatan siomi (2) Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran ditinjau dari ahli media dan ahli materi diperoleh hasil valid dan layak sebesar 100%, sehingga dapat digunakan dan diuji coba ke peserta ekstrakurikuler memasak. Berdasarkan uji coba pada peserta ekstrakurikuler memasak ditinjau dari berbagai aspek dengan katergori sangat layak dan layak meliputi aspek materi sebesar 64% dan 36%, aspek media pembelajaran sebesar 50% dan 50%, aspek luaran/output pada sebesar 60% dan 40% dan penilaian kelayakan media secara keseluruhan sebesar 58% dan 42%. Kata kunci: video pembelajaran; siomi; ekstrakurikuler memasak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:16
Last Modified: 30 Jan 2019 10:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40788

Actions (login required)

View Item View Item