UPAYA PENINGKATAN SIKAP EMPATI MELALUI TEKNIK PHOTOVOICE PADA SISWA KELAS X JURUSAN KRIYA KULIT DI SMK NEGERI 1 KALASAN TAHUN 2015/2016

Ernie Ulviatun, Ernie (2016) UPAYA PENINGKATAN SIKAP EMPATI MELALUI TEKNIK PHOTOVOICE PADA SISWA KELAS X JURUSAN KRIYA KULIT DI SMK NEGERI 1 KALASAN TAHUN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_Ernie Ulviatun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap empati melalui teknik photovoice pada siswa kelas x jurusan kriya kulit di SMK Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa jurusan kriya kulit tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru bimbingan dan konseling melalui dua siklus penelitian tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala sikap empati, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik photovoice dapat meningkatkan sikap empati siswa. Hal tersebut terbukti dengan hasil rata-rata skor skala sikap empati pada saat pra tindakan sebesar 64,8, pada siklus I meningkat menjadi 87,9, dan pada siklus II meningkat menjadi 99,9. Hasil tersebut juga didukung dengan dengan hasil observasi dan wawancara dengan siswa dan guru. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan hasil yang posistif, siswa terlihat lebih bisa menunjukkan rasa kepeduliannya terhadap siswa lainnya baik melalui verbal maupun non-verbal. Selain hasil observasi, berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa, yang menyatakan bahwa siswa lebih bisa memahami perasaan dan kondisi orang lain. Kata kunci: empati, photovoice

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:53
Last Modified: 30 Jan 2019 10:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40776

Actions (login required)

View Item View Item