PENGELOLAAN LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) IMDKOM DALAM MENYELENGGARAKAN KURSUS KOMPUTER DI SLEMAN, DIY

Nur Hiddayati, Hidda (2016) PENGELOLAAN LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) IMDKOM DALAM MENYELENGGARAKAN KURSUS KOMPUTER DI SLEMAN, DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_NUR HIDDAYATI_12102241009-min.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) sistem pengelolaan program kursus komputer. (2) faktor penghambat dalam pengelolaan program Kursus Komputer. (3) faktor pendukung dalam pengelolaan program Kursus Komputer. (4) dampak dari sistem pengelolaan terhadap warga belajar Kursus Komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) IMDKOM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Subjek penelitian ini adalah kepala, pengurus, tutor dan peserta didik Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) IMDKOM. Objek penelitian ini adalah sistem pengelolaan program kursus komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) IMDKOM. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif menggunakan model analisis interaktif. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) IMDKOM (1) sistem pengelolaan program kursus komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) IMDKOM dimulai dari; (a) proses perencanaan program terlebih dahulu kemudian dikoordinasikan kepada semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan seperti para staff dan perwakilan dari dunia usaha dunia industri, (b) Pelaksanaan meliputi metode praktek dan teori yang berlangsung secara bersamaan. Terdapat 10 kali pertemuan masing-masing pertemuan 2 jam. Adanya fasilitas yang mendukung proses pembelajaran kursus komputer. Menciptakan komunikasi yang baik agar peserta merasa nyaman dalam belajar, (c) evaluasi dilakukan setelah materi dalam modul selesai. Biasanya evaluasi dilakukan setelah pertemuan ke 10. Evaluasi tiap peserte didik berbeda dengan peserta didik lainnya, hal ini tergantung kapan mereka masuk dan keaktifan dalam kegiatan belajar di kursus komputer. (2) faktor penghambat dalam pengelolaan program adalah kurangnya minat peserta didik serta konsistensi dalam belajar. (3) faktor pendukung dalam pengelolaan program ini adalah niat, yang kedua kemauan pengelola dalam memberikan kontribusi, yang ketiga yaitu kerja sama yang baik, yang keempat semangat dari masing-masing individu, yang kelima fasilitas yang memadai, yang terakhir selalu berfikir kedepan. (4) dampak pengelolaan program kursus komputer adalah peserta didik jadi memiliki keterampilan, menambah pengetahuan yang luas, yang awalnya tidak tahu jadi tahu, peserta didik siap memasuki dunia kerja. Kata kunci: pengelolaan, program, kursus komputer.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:32
Last Modified: 30 Jan 2019 10:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40774

Actions (login required)

View Item View Item