LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA

Dinda Ayesha, Dinda Ayesha (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI: SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dinda Ayesha.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sebuah kesempatan berharga bagi mahasiswa kependidikan untuk mempraktikkan teori pembelajaran yang telah diterima di bangku perkuliahan.Kegiatan KKN-PPL dirancang untuk melibatkan secara langsung mahasiswa dalam memperoleh pengalaman yang bermanfaat serta dapat mengaplikasikan kemampuan pendidikan yang dimiliki selama kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta. KKN-PPL UNY tahun 2014 yang ditempatkan di SMP Negeri 8 Yogyakarta beralamatkan di Jalan Prof. Dr. Kahar Muzakir 2 Yogyakarta ini, dilaksanakan mulai 2 juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Kegiatan ini diawali dengan melakukan observasi sekolah, baik yang berkenaan dengan kondisi fisik sekolah maupun proses belajar mengajar di kelas pada Bulan Maret 2014. Kegiatan observasi ini bertujuan agar mahasiswa memperoleh data mengenai sekolah yang akan menjadi lokasi KKNPPL, sehingga harapannya program KKN-PPL yang direncanakan dapat berjalan dengan lancar karena sesuai dengan kondisi sekolah. Untuk rancangan kegiatan PPL, praktikan merencanakan observasi kegiatan pembelajaran di kelas, konsultasi dengan dosen dan guru pembimbing, menyusun perangkat pembelajaran, praktik mengajar, umpan balik dari guru pembimbing, analisis hasil evaluasi, dan penyusunan laporan PPL.Hasil dari pelaksanaan program PPL dapat dilihat pada laporan ini.Pada kegiatan PPL ini Praktikan mengajar pada kelas VII.6, VII.7, VII.8, VII.9 dan VII.10 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Kurikulum 2013.Praktikan telah dapat mengajar sebanyak 10 kali pertemuan dengan 2 RPP dan 2 materi pembelajaran. Banyak kendala dan hambatan dalam melakukan PPL baik yang berasal dari dalam maupun luar. Adapun beberapa hambatan pada waktu mengajar antara lain kurikulum yang baru dan belum terjamah saat pengajaran mikro dan pengelolaan kelas karena siswa sulit dikendalikan. Namun, semua itu merupakan sebuah proses menuju yang lebih baik. Adanya kegiatan PPL ini, Praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan. Sehingga untuk ke depannya diharapkan dapat terciptanya tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.Kelancaran pelaksanaan program KKN-PPL UNY 2014 ini tidak terlepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, mahasiswa, serta siswa SMP Negeri 8 Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40773

Actions (login required)

View Item View Item