Sudarto, Sudarto (2016) Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Permainan Gobak Sodor pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Panca Setya Kabupaten Sintang. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-sudarto-14717259002.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial melalui permainan gobak sodor pada anak usia 5-6 tahun di TK Panca Setya Kabupaten Sintang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Panca Setya Kabupaten Sintang yang berjumlah 21 anak. Model penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas mengadopsi dari Kemmis dan McTaggart. Tahapan siklus dalam penelitian ini menggunakan langkah perencanaan, pelakasanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancar. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan lembar wawancara. Analisis data dengan menggunakan pendekatan kualitatif dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan gobak sodor dapat meningkatkan keterampilan sosial pada anak kelompok B TK Panca Setya Kabupaten Sintang dengan melakukan tindakan berupa memberikan pemahaman kepada anak mengenai manfaat bermain, melakukan pembagian tim secara seimbang dengan komposisi secara heterogen dan homogen. Hal ini ditunjukkan dengan hasil peningkatan keterampilan sosial pratindakan bahwa dari 21 anak, tiga anak (14,28%) pada kategor sangat baik. Hasil siklus satu keterampilan sosial anak meningkat menjadi 10 anak (47,61%) pada kategori sangat baik. Hasil siklus satu ke siklus dua mengalami peningkatan keterampilan sosial pada kategori sangat baik menjadi 20 anak (90,47%).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan sosial, permainan gobak sodor |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 03:56 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40768 |
Actions (login required)
View Item |