Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aljabar Menggunakan Problem solving dalam Problem posing Berbasis Pendekatan Saintifik Berorientasi Pada Keyakinan Terhadap Pelajaran Matematika dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA

Lutfi, Ahmad (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aljabar Menggunakan Problem solving dalam Problem posing Berbasis Pendekatan Saintifik Berorientasi Pada Keyakinan Terhadap Pelajaran Matematika dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ahmad-lutfi-14709251080.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran aljabar berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) menggunakan problem solving dalam problem posing berbasis pendekatan saintifik. Kualitas perangkat yang dikembangkan mencakup aspek: (1) kevalidan, (2) kepraktisan, dan (3) keefektifan ditinjau dari keyakinan terhadap pelajaran matematika dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp dengan tahapan meliputi: (1) penelitian pendahuluan mencakup analisis kebutuhan; (2) tahap pengembangan mencakup desain dan pembuatan produk; dan fase penilaian mencakup validasi ahli dan uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Putra dan XI IPA Putri SMA Nurul Ikhlas Kabupaten Tanah Datar. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket keyakinan siswa terhadap pelajaran matematika, dan tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rerata skor validasi RPP yaitu 4,00 (baik) dan rerata skor validasi LKS yaitu 3,99 (baik). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis dengan rerata skor penilaiain kepraktisan oleh guru yaitu 3,91 (praktis), rerata skor penilaian kepraktisan oleh siswa yaitu 3,77 (praktis), dan rerata persentase keterlaksanaan pembelajaran masing-masing kelas lebih besar dari pada 90%. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif ditinjau dari keyakinan siswa terhadap pelajaran matematika dengan rerata skor angket yaitu 101,25 (XI IPA Putra), 103,4 (XI IPA Putri) dan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 79,17% dan rerata skor kemampuan berpikir kreatif yaitu 67,5 (baik).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, problem solving, problem posing, saintifik, keyakinan terhadap pelajaran matematika, berpikir kreatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:33
Last Modified: 09 May 2019 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40762

Actions (login required)

View Item View Item