LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) HALAMAN JUDUL Lokasi: SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID

ANGGITA FEBRIYANINGRUM, ANGGITA FEBRIYANINGRUM (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) HALAMAN JUDUL Lokasi: SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL.pdf

Download (642kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa jurusan pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan untuk pengembangan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan, di antaranya yaitu untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang bagaimana proses pembelajaran di sekolah. Selain itu, PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama dalam hal mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Persiapan yang dilakukan sebelum Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pengajaran mikro, pembekalan PPL, observasi pembelajaran di kelas, dan pembuatan persiapan mengajar. Pelaksanaan PPL bertempat di SMA N 1 Kota Mungkid terdapat beberapa kegiatan atau program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yakni penyusunan silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), praktik mengajar di kelas, mempelajari administrasi guru, bimbingan dengan guru pembimbing lapangan dan dosen pembimbing lapangan, serta penyusunan dan pelaksanaan evaluasi PPL. Pelaksaan mengajar di kelas dimulai tanggal 6 Agustus 2014 sampai dengan 15 September 2014, sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing di SMA N 1 Kota Mungkid. Dalam melakukan praktik mengajar di kelas, mahasiswa diberikan kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar kelas X MIA 1 dan X IS 1 sehingga mahasiswa memiliki pengalaman mengajar dengan kondisi siswa yang mempunyai perbedaan karakter. Hasil dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berupa kemampuan mengajar di dalam kelas, pengalaman pembuatan perangkat pembelajaran, pengalaman pelaksanaan evaluasi pembelajaran, pengalaman mengelola kelas karakter siswa yang berbeda-beda, pengalaman menjalin komunikasi dengan pihak-pihak yang terkait misalnya dengan bapak/ibu guru serta karyawan sekolah.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:52
Last Modified: 29 Aug 2016 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40752

Actions (login required)

View Item View Item