PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMA/MA DI KECAMATAN PLERET KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

Muh Arif, Dalrohman (2016) PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMA/MA DI KECAMATAN PLERET KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muh Arif Dalrohman_12101244007.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kompetensi profesional guru, yang meliputi aspek: (1) penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan; (2) penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran; (3) pengembangan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif; (4) pengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif; (5) pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dan lokasi penelitian ini adalah guru SMA/MA di Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul. Objek penelitian ini berupa pengembangan kompetensi profesional yang dilakukan guru secara mandiri dan melalui institusi. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan metode statistik dengan rumus persentase untuk mengetahui persentase tiap-tiap indikator kompetensi professional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kompetensi professional guru: (1) Pengembangan kompetensi professional guru SMA/MA di Kecamatan Pleret secara umum frekuensi rata-rata persentase keikutsertaan dari berbagai pilihan jenis pengembangan sebesar 19%, termasuk kategori sangat rendah.; (2) Pengembangan kompetensi professional guru SMA/MA di Kecamatan Pleret berdasarkan status sekolah, sekolah dengan status Negeri lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah yang berstatus Swasta, dengan frekuensi ratarata persentase keikutsertaan dari berbagai pilihan jenis pengembangan SMA Muhammadiyah Pleret sebesar 15,5%, MAN Wonokromo Bantul sebesar 21%, dan SMA Negeri 1 Pleret sebesar 19,5%.; (3) Pengembangan kompetensi professional guru SMA/MA di Kecamatan Pleret secara mandiri dengan frekuensi rata-rata persentase keikutsertaan dari berbagai pilihan jenis pengembangan sebesar 21%, termasuk ke dalam kategori rendah; (4) Pengembangan kompetensi professional guru SMA/MA di Kecamatan Pleret melalui usaha institusi dengan frekuensi rata-rata persentase keikutsertaan dari berbagai pilihan jenis pengembangan sebesar 17%, termasuk kategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:53
Last Modified: 30 Jan 2019 10:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40751

Actions (login required)

View Item View Item