PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PELAYANAN TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

Khorisma Kartika, Dhewi (2016) PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PELAYANAN TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Khorisma Kartika Dhewi_12101244024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap pelayanan tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri 3 Yogyakarta dilihat dari lima dimensi kualitas layanan yaitu bukti fisik (tangible), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan dan kepastian (assurance), serta empati (empathy). Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X dan Kelas XI SMA Negeri 3 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dengan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 207 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik terhadap pelayanan tenaga administrasi sekolah di SMA Negeri 3 Yogyakarta dilihat dari lima dimensi kualitas layanan dalam kategori tinggi. Rincian dari masing-masing dimensi kualitas layanan adalah sebagai berikut: (1) bukti fisik (tangible) dalam kategori tinggi, skor tertinggi diraih pada pernyataan tenaga administrasi sekolah memakai seragam sekolah sesuai dengan jadwal yang ditentukan sekolah, (2) keandalan (reliability) dalam kategori tinggi, skor tertinggi diraih pada pernyataan tenaga administrasi sekolah memberikan pelayanan sesuai dengan prosedur, (3) ketanggapan (responsiveness) dalam kategori tinggi, skor tertinggi diraih pada pernyataan tenaga administrasi sekolah dapat berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik, (4) jaminan dan kepastian (assurance) dalam kategori tinggi, skor tertinggi diraih pada pernyataan tenaga administrasi sekolah teliti dan tekun dalam bekerja, serta (5) empati (empathy) dalam kategori tinggi, skor tertinggi diraih pada pernyataan tenaga administrasi sekolah menunjukkan sikap membantu dalam menangani kebutuhan atau keluhan peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:38
Last Modified: 30 Jan 2019 10:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40750

Actions (login required)

View Item View Item