LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) HALAMAN \JUDUL Lokasi: SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID

Rofi Amiyani, Rofi Amiyani (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) HALAMAN \JUDUL Lokasi: SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN_PPL.pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

SMA Negeri 1 Kota Mungkid terletak di Jl. Letnan Tukiyat, Kota Mungkid, Mertoyudan, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Sekolah ini memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap dan juga cukup kondusif sebagai tempat belajar. Berdasarkan hasil observasi dan analisis situasi yang telah dilaksanakan, program PPL jurusan pendidikan matematika antara lain pembuatan RPP, pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar, pelaksanaan ulangan harian, serta pembuatan laporan PPL. Kegiatan PPL dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, mahasiswa melaksanakan kuliah pengajaran mikro (micro-teaching), observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, konsultasi dengan dosen pembimbing lapangan, serta mempelajari materi yang akan diajarkan, yaitu materi dengan topik Eksponen dan Logaritma serta topik Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Kota Mungkid berlangsung mulai tanggal 14 Juli 2014 sampai dengan 15 September 2014. Dari waktu yang disediakan tersebut, kami melaksanakan praktik mengajar selama 5 minggu. Sehingga, kami menyusun RPP sebanyak 10 untuk 2 kompetensi dasar. Namun, pada praktiknya kami hanya dapat melaksanakan 9 RPP. Hal tersebut karena pihak sekolah mengadakan kegiatan kesiswaan yang menggunakan jam efektif belajar. Dengan kata lain, mahasiswa telah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 17 kali di dua kelas berbeda dengan menggunakan 9 RPP yang telah disusun tersebut. Untuk kelancaran pembelajaran, kami juga menyusun media pembelajaran berupa LKS dan lembar latihan soal. Kemudian, untuk mengetahui hasil belajar siswa, kami mengambil penilaian dari tugas, ulangan harian, dan kuis. Pelaksanaan PPL tentu tidak terlepas dari beberapa hambatan. Namun, hambatan-hambatan tersebut dapat ditemukan solusinya hingga pelaksanaan PPL dapat berjalan lancar. Solusi dari hambatan-hambatan tersebut dapat diperoleh baik dari hasil diskusi dengan rekan tim PPL jurusan pendidikan matematika maupun dari hasil konsultasi dengan Guru Pembimbing dan Dosen Pembimbing Lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: matematika, PPL, SMA Negeri 1 Kota Mungkid
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:41
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40748

Actions (login required)

View Item View Item