LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI : SMK N 3 KASIHAN BANTUL (SMSR) YOGYAKARTA

RENNA INTAN AGHISNA, RENNA INTAN AGHISNA (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI : SMK N 3 KASIHAN BANTUL (SMSR) YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Renna Intan Aghisna.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Dengan kegiatan PPL ini dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendarmabaktikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari ke dalam kehidupan nyata di lapangan serta dengan kegiatan PPL ini mahasiswa dapat belajar secara langsung di lapangan dengan mendapatkan pengalaman-pengalaman secara langsung. Lokasi yang digunakan untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan adalah sekolah atau lembaga lainnya. Dalam kesempatan ini penulis melaksanakan kegiatan PPL di SMK N 3 Kasihan, yang beralamat di Jl. PG Madukismo, Bugisan, Bantul. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta secara terpadu dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kegiatan PPL ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran. PPL yang dilakukan praktikan dimulai tanggal 1 Juli 2014 sampai tanggal 17 September 2014 dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan dengan menggunakan media pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilakukan dari mulai awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran, dari awal PPL sampai akhir PPL, serta PPL juga telah dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan dari pihak sekolah. Kesimpulan dari PPL yang telah dilaksanakan adalah bahwa mahasiswa praktikan memiliki pengalaman mengajar berupa menghadapi kondisi dan situasi peserta didik secara nyata, sebagai salah satu bentuk kemampuan untuk dapat menyampaikan materi pembelajaran maupun kemampuan untuk menyampaikan suatu pendapat, pengarahan dan penjelasan di depan umum sehingga sangat bermanfaat apabila terjun di sekolah atau lembaga nantinya sebagai pelengkap teori-teori yang telah didapatkan pada saat bangku kuliah. Kegiatan PPL ini juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa, yaitu mahasiswa dapat memperoleh pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner, sehingga dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan pembelajaran dan pendidikan yang ada disekolah atau lembaga.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: sekolah, pembelajaran, mahasiswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:13
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40747

Actions (login required)

View Item View Item