Fitriana Habilla, Rachmawati (2016) STRATEGI PUBLIC RELATIONS LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR CABANG HOS COKROAMINOTO DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Fitriana Rachmawati Habilla_12101241014.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi public relations dan manajemen strategi public relations Lembaga Bimbingan Belajar cabang HOS Cokroaminoto dalam usahanya meningkatkan jumlah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah Manager, tiga staf, dan enam siswa. Lokasi penelitian di Lembaga Bimbingan Belajar cabang HOS Cokroaminoto. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Teknik yang digunakan untuk menganalisi data yaitu metode analisis alir (Miles dan Huberman) dengan langkah meliputi: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) strategi yang digunakan yaitu strategi publikasi dan strategi pembentukan citra positif, (2) manajemen strategi public relations yaitu (a) penyusunan strategi didasarkan pada rapat pusat dimana Lembaga Bimbingan Belajar cabang HOS Cokroaminoto hanya melaksanakan strategi yang sudah disediakan oleh pusat karena sistem Franchise, (b) pelaksanaan strategi sudah sesuai dengan perencanaan meskipun ada beberapa hambatan yang dialami, (c) hasil evaluasi menunjukkan bahwa strategi public relations Lembaga Bimbingan Belajar cabang HOS Cokroaminoto terbukti dapat meningkatkan jumlah peserta didik dimana pada jenjang SMP strategi yang dilaksanakan sangat berhasil dibandingkan dengan jenjang SD dan SMA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Admin Administrasi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 01:55 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:43 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40718 |
Actions (login required)
View Item |