Pengaruh Persepsi Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan tentang Profesionalitas Guru dan Motivasi Menjadi Guru yang Profesional terhadap Minat Menempuh PPG di Universitas Negeri Yogyakarta

Larasati, Septia Niko (2016) Pengaruh Persepsi Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan tentang Profesionalitas Guru dan Motivasi Menjadi Guru yang Profesional terhadap Minat Menempuh PPG di Universitas Negeri Yogyakarta. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12401244036.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Persepsi Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan tentang Profesionalitas Guru terhadap Minat Menempuh Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2) Pengaruh Motivasi Menjadi Guru yang Profesional terhadap Minat Menempuh PPG. Penelitian ini merupakan penelitian inferensial dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi mahasiswa pendidikan kewarganegaraan tentang profesionalitas guru dan motivasi menjadi guru yang profesional. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat menempuh PPG. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Kewarganegaraan angkatan 2012 yang belum lulus yang berjumlah 50 mahasiswa, karena keterbatasan waktu dan ada beberapa mahasiswa jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum angkatan 2012 yang sudah lulus ketika penelitian ini dilakukan. Data diperoleh dari kuesioner (angket) dimana kuesioner (angket) telah memenuhi uji validitas dan uji reliabillitas. Analisis data menggunakan regresi sederhana karena hanya mencari pengaruh X1 terhadap Y dan X2 terhadap Y, tidak mencari pengaruh keduanya secara bersama-sama. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi mahasiswa pendidikan kewarganegaraan tentang profesionalitas guru terhadap minat menempuh PPG. Hal ini ditunjukan oleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (18,149 > 1,249) dan diperoleh nilai koefisien 20,651 bernilai positif dan dapat diketahui t hitung sebesar 4,260 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi menjadi guru yang profesional terhadap minat menempuh PPG. Hal ini ditunjukan oleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (29,201> 1,306) dan diperoleh nilai koefisien 14,286 bernilai positif dan dapat diketahui t hitung sebesar 5,404 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 26 Aug 2016 01:05
Last Modified: 30 Jan 2019 10:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40703

Actions (login required)

View Item View Item