PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SMAN 1 WUNGU KABUPATEN MADIUN

Aan Moelyana, Henrye (2016) PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SMAN 1 WUNGU KABUPATEN MADIUN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Henrye Aan M_09105244006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan motivasi belajar antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, 2) perbedaan hasil belajar antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, 3) pengaruh penggunaan media video animasi pembelajaran interaktif terhadap motivasi belajar fisika, 4) pengaruh penggunaan media video animasi pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wungu Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Wungu Kabupaten Madiun, dengan sampel kelas Xc sebagai kelas eksperimen dan Xa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Teknik analisis data dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil skor rata-rata angket motivasi siswa kelompok kontrol yaitu 3,44 dan hasil skor rata-rata angket motivasi siswa kelompok eksperimen yaitu 3,94 dari hasil maksimal 5,00. Hasil angket tersebut didukung dengan hasil observasi yang menunjukkan bahwa, hasil observasi indeks keberhasilan kelompok kontrol yaitu 57,1% dan hasil observasi indeks keberhasilan kelompok eksperimen yaitu 63,4%. Artinya kelompok eksperimen memiliki motivasi yang lebih besar dibandingkan kelompok kontrol. Untuk hasil belajar siswa menunjukkan bahwa, pretest hasil belajar fisika kelompok kontrol yaitu 56,82 dan kelas eksperimen yaitu 55,91. Posttest hasil belajar fisika kelas kontrol yaitu 60, kelas eksperimen yaitu 66,82. Artinya kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Sehingga disimpulkan terdapat pengaruh pemanfaatan video animasi pembelajaran interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Wungu Kabupaten Madiun.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:45
Last Modified: 30 Jan 2019 10:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40697

Actions (login required)

View Item View Item