PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ENERGI ALTERNATIF MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI PERUMNAS CONDONGCATUR

Sulaiman Akbar, Nikita (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ENERGI ALTERNATIF MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI PERUMNAS CONDONGCATUR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Nikita Sulaiman Akbar_09105244015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang digunakan dalam pembelajaran IPA pokok bahasan energi alternatif untuk siswa SD kelas IV. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Proses penelitian pengembangan media ini dilaksanaakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi Borg & Gall. Multimedia pembelajaran ini diuji cobakan kepada siswa SD kelas IV SD N Perumnas Condongcatur, Sleman, Yogyakarta. Uji coba ini melalui tiga tahap yaitu uji coba lapangan awal dengan subjek 5 siswa, uji coba lapangan utama 10 siswa, dan uji pelaksanaan lapangan 25 siswa. Data diperoleh melalui metode observasi dan pengamatan langsung di sekolah. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan berupa multimedia pembelajaran interaktif yang dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran IPA kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia pembelajaran ini setelah dilakukan uji ahli materi dan uji ahli media, kualitas multimedia pembelajaran yang dihasilkan pada tahap uji materi tahap akhir dikategorikan baik, dengan ratarata penilaian 4.04, pada tahap ahli media tahap akhir dikategorikan sangat baik, dengan rata-rata penilaian 4.26, kemudian pada uji coba lapangan awal dikategorikan baik dengan skor 3.89, uji lapangan dikategorikan sangat baik dengan skor 4.37 dan hasil akhir uji pelaksanaan lapangan dikategorikan sangat baik dengan skor 4.80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif pokok bahasan energi alternatif untuk mata pelajaran IPA kelas IV SD N. 1 Perumnas Condongcatur sudah dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar, baik digunakan secara individu maupun saat proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:45
Last Modified: 30 Jan 2019 10:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40696

Actions (login required)

View Item View Item