Oktavianta, Hendra and Istiyono, Edi (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS QUIZSTAR UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI POKOK TEORI KINETIK GAS. S1 thesis, UNY.
|
Text
Abstrak.pdf Download (129kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kelayakan instrumen penilaian berbasis Quizstar untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik SMA, 2) penguasaan materi teori kinetik gas peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (Four D Models) menurut pendapat Thiagarajan yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate. Perangkat penelitian ini adalah kisi – kisi soal, soal pilihan ganda dalam apikasi Quizstar, lembar validasi dan lembar penilaian. Instrumen soal dianalisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran item, fungsi informasi, dan standard error measurement (SEM). Penilaian media dianalisis dengan menggunakan CVR dan CVI dan reliabilitas dengan ICC. Angket respon peserta didik dan kemampuan peserta didik dianalisis dengan dengan menggunakan kriteria penilaian ideal. Hasil penelitian ini: (1) Instrumen penilaian berbasis Quizstar layak untuk untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik dengan telah memenuhi validitas isi dengan expert judgment dan telah mendapatkan bukti empiris fit dengan model Rasch. Seluruh item dalam kriteria baik karena tingkat kesukaran berada pada rentang -1,65 sampai dengan 1,78. Instrumen penilaian berbasis Quizstar telah memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,73 yang termasuk kategori reliabel. Berdasarkan fungsi informasi, instrumen penilaian berbasis Quizstar sangat tepat digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik yang berkemampuan dari -2,3 sampai 1,1. Media penilaian berbasis Quizstar mendapatkan nilai CVI sebesar 1,00 yang termasuk kategori sangat baik dengan reliabilitas sebesar 0,868 yang termasuk kategori sangat reliabel. Berdasarkan analisis angket respon peserta didik didapatkan hasil pada kategori cukup, baik, dan sangat baik berturut – turut 11%, 52%, dan 36%. (2) Kemampuan peserta didik mendapatkan kategori kurang, cukup, baik, dan sangat baik berturut – turut 21%, 44%, 25%, dan 9%. Kata Kunci: pengembangan instrumen, penilaian, quizstar, teori kinetik gas
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 02:44 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 00:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |