LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN SMK N 3 KASIHAN (SMSR) YOGYAKARTA YOGYAKARTA

Jandon Banyu Bening, Jandon Banyu Bening (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN SMK N 3 KASIHAN (SMSR) YOGYAKARTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Jandon Banyu Bening_P.S.Rupa_11206241021(1).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PPL merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa S1 program kependidikan yang bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, menghayati permasalahan sekolah atau lembaga. Metode yang digunakan diantaranya observasi pra PPL, pengadaan kuliah pengajaran mikro/micro teaching, penyusunan rancangan program, pembekalan oleh DPL PPL, persiapan mengajar dengan konsultasi guru pembimbing, memberikan materi dalam KBM, pelaksanaan program dan monitoring oleh DPL PPL dan penyusunan laporan PPL. Manfaat dari PPL adalah menambah pemahaman dan penghayatan mahasiswa tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah atau lembaga, memperoleh pengalaman tentang cara berpikir dan bekerja secara interdisipliner, sehingga dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan pembelajaran dan pendidikan yang ada di sekolah, klub, atau lembaga, memperoleh daya penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan dan pemecahan masalah pembelajaran dan pendidikan yang ada disekolah, klub, atau lembaga, dan memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolahan, klub, atau lembaga dan juga dapat memahami karakter peserta didik secara nyata yang terjadi di lapangan. Menjadikan mahasiswa untuk lebih tanggap dan cepat mengambil terhadap halhal yang terjadi diluar perencanaan di dalam persekolahan, klub, ataupun di lembaga kependidikan lainya. Kesimpulannya, secara khusus dalam pelaksanaan PPL di SMK Negeri 3 Kasihan (SMSR) yang mempunyai program studi seni rupa merupakan pengalaman yang berbeda dengan praktik di lembaga atau sekolah lainnya, dikarenakan setiap siswa mempunyai karakter yang unik dan berbeda dengan sekolah-sekolah umum lainya. Sehingga membutuhkan pendekatan, perlakuan, dan cara mengajar yang berbeda dengan sekolah-sekolah umum lainya. Dan di SMK Negeri 3 kasihan (SMSR) mahasiswa PPL dituntut cepat tanggap dan cepat bereaksi terhadap hal-hal atau kejadian diluar yang direncanakan. Secara keseluruhan PPL dapat melatih mahasiswa untuk siap terjun di dunia kependidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Aug 2016 08:12
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40683

Actions (login required)

View Item View Item