LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN

Norrini Dwi Astuti, Norrini Dwi Astuti (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 123.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. SMA Negeri 1 Banguntapan adalah salah satu sekolah negeri di Kabupaten Bantul yang beralamat di Ngentak, Baturetno, Banguntapan, Bantul. Program PPL di sekolah ini dimulai pada tanggal 1 Juli 2014 dan berakhir pada tanggal 17 September 2014. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Kegiatan yang perlu dilakukan sebelum proses pembelajaran antara lain pembuatan perangkat pembelajaran seperti jam pembelajaran efektif, program semester, program tahunan, RPP, dan pembuatan media pembelajaran. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas XI MIA 1, 2, 3, 4 dan XI IIS 1, 2, 3. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 dan sistem yang digunakan adalah sistem pembelajaran Saintifik. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan metode diskusi, latihan soal, dan kerja kelompok. Sedangkan media yang digunakan adalah latihan soal, papan tulis, spidol, lembar kerja untuk mengetahui kemapuan siswa dalam menyerap materi pelajaran. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal sebanyak 8 kali, dalam praktiknya penyusun telah mengajar sebanyak 25 pertemuan dengan alokasi masing-masing 45 menit dalam satu jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, kegiatan pembelajaran dan hasil PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Aug 2016 08:15
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40682

Actions (login required)

View Item View Item