Hesty Febriani, Hesty Febriani (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. HALAMAN COVER_warna.pdf Download (119kB) | Preview |
|
![]()
|
Image
2.IMG_0018.jpg Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
3. HALAMAN KATA PENGANTAR.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab 123.pdf Download (194kB) | Preview |
Abstract
Program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program di Universitas Negeri Yogyakarta bagi mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengamalkan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Tujuan dari kegiatan PPL adalah untuk memberikan pengalaman faktual bagi mahasiswa dalam pengabdian pada sekolah sebagai bekal kehidupan yang akan datang. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Banguntapan ini dilaksanakan pada tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014. Kegitan PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Program kerja PPL di SMA N 1 Banguntapan diklasifkasikan menjadi dua yaitu program utama dan program penunjang. Progam utama berupa penyusunan perangkat pembelajaran, kegiatan praktik mengajar baik terbimbing maupun mandiri, pembuatn dan penambahan media pembelajaran, pengadaan ulangan harian, remediasi dan pengayaan serta penyusuna laporan PPL. Program penunjang berupa pendampingan MOPDB, pendampingan pesantren kilat, membantu piket guru dan piket jaga UKS. Pada kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat tugas untuk mengajar kelas X MIA 3 dan XI IIS 3. Semua program kerja dapat dilakukan dengan baik meskipun terdapat beberapa kendala. Dengan adanya pengalaman tentang praktik mengajar dan penyelenggaraan tata sekolah ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Saran untuk keberhasilan PPL yang akan datang dari mahasiswa praktikan yaitu agar mahasiswa praktikan calon guru bisa menyiapkan diri, baik secara fisik maupun mental dan penguasaan materi pelajaran sekolah. Mahasiswa praktikan juga perlu menyiapkan inovasi dalam pembuatan perangkat pembelajaran yang lengkap dan menarik agar peserta didik terpancing untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, program kerja, saran. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 08:04 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |