LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN

Haorensa Enggar Pamulasari, Haorensa Enggar Pamulasari (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-BAB III.pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu usaha peningkatan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran. Kegiatan PPL terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Melalui kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pelaksanaan kegiatan PPL dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014 di SMA N 1 Banguntapan. Pada bulan Februari dan Maret 2014 mahasiswa melakukan observasi yang meliputi observasi sekolah, peserta didik, dan proses pembelajaran di kelas. Mahasiswa melaksanakan praktik mengajar di kelas XI MIA 1 dan XI MIA 4 mulai tanggal 12 Agustus 2014 sampai 6 September 2014 terhitung 14 kali pertemuan sebanyak 28 jam pelajaran. Sebelum mengajar, mahasiswa harus membuat perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), media pembelajaran, soal ulangan harian, kisi-kisi soal ulangan harian, soal remidiasi, dan instrumen penilaian yang dikonsultasikan dengan guru pembimbing. Di luar praktik mengajar, mahasiswa membuat perhitungan minggu efektif dan program semester, piket di ruang piket lobi, piket di UKS serta mengisi kelas ketika jam kosong untuk mata pelajaran Fisika terhitung 9 kali pertemuan sebanyak 18 jam pelajaran. Tugas tambahan dari guru untuk mengisi dan mendampingi kelas ketika jam kosong memberikan kesempatan untuk belajar mengkondisikan kelas dan menerapkan keterampilan mengajar. Dari serangkaian kegiatan PPL di SMA N 1 Banguntapan pada bulan Juli-September hasilnya dapat dirasakan oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Dengan pelaksanaan PPL, mahasiswa memperoleh pengalaman dan pengetahuan dalam bidang proses pembelajaran dan pengalaman di bidang pelaksanaan tugas administrasi persekolahan. Selain itu mahasiswa juga belajar menjalin komunikasi yang baik antar sesama mahasiswa maupun dengan lembaga sekolah. Pada umumnya program PPL dapat terlaksana dengan baik karena kerja sama yang terjalin dengan baik antara mahasiswa PPL, guru dan pihak sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:15
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40671

Actions (login required)

View Item View Item