STUDI KASUS POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BINA DIRI ANAK CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK DI SLB RELA BHAKTI 1 GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

Ana, Afriyanti (2016) STUDI KASUS POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BINA DIRI ANAK CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK DI SLB RELA BHAKTI 1 GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ANA AFRIYANTI_12103244038.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pola asuh orang tua dalam mengembangkan kemandirian bina diri anak cerebral palsy tipe spastik, 2) faktor pendorong dan penghambat orang tua dalam mengembangkan kemandirian bina diri anak cerebral palsy tipe spastik. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah satu orang tua dari siswa cerebral palsy tipe spastik dan satu siswa cerebral palsy tipe spastik yang bersekolah di SLB Rela Bhakti 1 Gamping serta informan pendukung yaitu nenek dari siswa cerebral palsy tipe spastik dan guru kelas dari siswa cerebral palsy tipe spastik sebagai pendukung melengkapi informasi dalam penelitian ini. Pengambilan data dalam penelitian ini yaitu melakukan observasi mengenai aktivitas bina diri anak selama di sekolah dan di rumah, wawancara mengenai pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap anak cerebral palsy tipe spastik. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pola asuh orang tua dalam mengembangkan kemandirian bina diri anak cerebral palsy tipe spastik yaitu mengarah pada pola asuh demokratis. 2) Faktor penghambat orang tua dalam mengasuh anak cerebral palsy tipe spastik dalam mengembangkan kemandirian bina diri yaitu kekakuan pada tangan dan kaki anak, sifat anak yang mudah marah dan cenderung rendah diri. 3) Faktor pendorong orang tua dalam mengasuh anak cerebral palsy tipe spastik dalam mengembangkan kemandirian bina diri yaitu semangat dari orang tua untuk memandirikan anak agar kelak mampu menolong dirinya sendiri dan mampu mengurangi kebergantungan dengan orang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:10
Last Modified: 30 Jan 2019 10:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40670

Actions (login required)

View Item View Item