LAPORAN KEGIATAN PPL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN

Erlinda Rahma Dewi, Erlinda Rahma Dewi (2014) LAPORAN KEGIATAN PPL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman depan.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan sebuah program dari Universitas Negeri Yogyakarta yang merupakan strategi praktis menyiapkan calon tenaga pendidik untuk mendapatkan pengalaman langsung dari lapangan yang dalam hal ini adalah sekolah. PPL UNY merupakan mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa kependidikan UNY yang dilaksanakan pada semester khusus. Mahasiswa PPL diharapkan dapat berlatih mengemban tugas sebagai tenaga pendidik yang sebenarnya. Selain itu, PPL juga memiliki misi untuk mengembangkan empat kemampuan yang harus dimiliki guru dari calon-calon guru yang menempuh studi di UNY. PPL UNY 2014 dilaksanakan di sekolah-sekolah yang tersebar di Yogyakarta, Bantul, Kulon Progo, Gunungkidul, Sleman, Magelang, serta Purworejo. Salah satu sekolahan yang berkesempatan digunakan oleh mahasiswa PPL adalah SMA N 1 Banguntapan yang berlokasikan di Kabupaten Bantul. Di sekolah, mahasiswa praktik diberi kesempatan untuk menjadi guru sesuai program studi yang mereka tempuh di jenjang perguruan tinggi. Proses latihan ini meliputi persiapan, pelaksanaan dan juga evaluasi. Persiapan yang dimaksud adalah mempersiapakan segala sesuatu untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar, seperti pembuatan perangkat pembelajaran, rencana pembelajaran, dan sebagainya. Pelaksanaan PPL di SMA N 1 Banguntapan berjaran dengan lancar akibat keharmonisan hubungan antar pihak yang memiliki peranan dalam PPL ini. Kegiatan PPL juga menjadi sarana penerapan ilmu pengetahuan yang mahasiswa praktik dapatkan di bangku perkuliahan. Ilmu yang dimaksud seperti model-model pembelajaran terkini ataupun materi pelajaran yang lebih berkembang dan mendalam. Melalui PPL ini mahasiswa dapat belaajar segala sesuatu tentang praktik mengajar atuupun kegiatan persekolahan. Suatu pengalaman yang akan menjadi guru terbaik bagi mahasiswa praktik saat menjadi guru sebenarnya kelak kemudian hari.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, perangkat pembelajaran, model pembelajaran, praktik mengajar, kegiatan persekolahan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Aug 2016 06:47
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40663

Actions (login required)

View Item View Item