Sutarti, Sutarti (2016) PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI LUKIS MIXED MEDIA DI KELOMPOK B TK ABA KARANGMALANG YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.
|
Text
TAS SUTARTI.PDF Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembelajaran ekstrakurikuler seni lukis mixed media di TK ABA Karangmalang Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, guru, dan karya anak TK ABA Karangmalang Yogyakarta. Sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran seni lukis mixed media di TK ABA Karangmalang Yogyakarta. Guru ekstrakurikuler seni lukis merupakan sumber data tentang persiapan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran seni lukis mixed media. Kepala sekolah merupakan sumber data tentang kurikulum dan latar belakang sekolah. Karya anak TK ABA Karangmalang Yogyakarta merupakan sumber data tentang hasil karya seni lukis mixed media. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik untuk memeriksa keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Persiapan pembelajaran meliputi, Program Semester, Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), dan Rencana Kegiatan Harian (RKH). Kurikulum yang digunakan TK ABA Karangmalang Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 adalah kurikulum 2010. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kelompok dengan berbagai metode, yaitu metode demonstrasi, metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode imitasi. (2) Pelaksanaan pembelajaran, pertama dengan membagi anak-anak ke dalam beberapa kelompok. Kedua guru dan peneliti menyiapkan alat dan bahan untuk berkarya. Ketiga guru menyampaikan langkah-langkah praktik. Keempat anak-anak praktik berkarya seni lukis mixed media. (3) Evaluasi hasil pembelajaran ekstrakurikuler seni lukis mixed media berupa penilaian dengan pemberian bintang 1 sampai 4. . Hasil karya anak berjumlah 26 buah dan berhasil membuat anak-anak berkarya dengan sangat bagus. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perolehan bintang pada pertemuan pertama yaitu 6 anak dengan 2 bintang, 11 anak dengan 3 bintang, dan 2 anak dengan 4 bintang. Sedangkan perolehan nilai pada pertemuan kedua yaitu 1 anak dengan 2 bintang, 9 anak dengan 3 bintang, dan 9 anak dengan 4 bintang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Rupa FBS |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 02:38 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40653 |
Actions (login required)
View Item |