EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY SETTING STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 PAKEM

Hidayati, Septi Nur and Listyani, Endang (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE GUIDED DISCOVERY SETTING STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 PAKEM. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
Halaman Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (85MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pembelajaran matematika dengan metode guided discovery setting STAD (Student Team Achievement Division) ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakem. Sampel yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas VIII D yang mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan metode guided discovery setting STAD (Student Team Achievement Division) dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan metode ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur prestasi belajar siswa yang terdiri dari soal pretest dan posttest dan instrumen non tes yang berupa angket motivasi yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan, serta lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran yang digunakan peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran menggunakan metode guided discovery setting STAD efektif ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa, 2) pembelajaran menggunakan metode guided discovery setting STAD efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa, 3) pembelajaran menggunakan metode ekspositori efektif ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa, 4) pembelajaran menggunakan metode ekspositori efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa, 5) pembelajaran menggunakan metode guided discovery setting STAD lebih efektif dibandingkan dengan metode ekspositori ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa, 6) pembelajaran menggunakan metode guided discovery setting STAD lebih efektif dibandingkan dengan metode ekspositori ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa. Kata kunci: guided discovery, STAD, motivasi, prestasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:40
Last Modified: 30 Jan 2019 10:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40651

Actions (login required)

View Item View Item