PEMAHAMAN GURU TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PENJASORKES) (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 2 DEPOK)

Imam Fauzi (2012) PEMAHAMAN GURU TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PENJASORKES) (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 2 DEPOK). S1 thesis, FIK.

[img] Text
abstrak 122.doc

Download (2MB)
Official URL: http://www.pjkr_uny.com

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru terhadap pendidikan karakter dan implementasinya dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini merupakan desain penelitian diskriptif kualitatif untuk memperoleh pemahaman dan penafsiran secara mendalam dan natural tentang makna yang ada dilapangan diamati dalam konteks naturalnya. Metode yang digunakan menggunakan metode kualitatif. Instrument yang digunakan menggunakan angket dan dokumentasi. Subjek penelitian yang digunakan adalah Guru Pendidikan Jasmani SMP Negeri 2 Depok. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi dari sumber data yang didapat di lapangan berdasarkan sumber data yang sama. Dari hasil penelitian di atas dapat di ketahui bahwa pemahaman guru pendidikan jasmani terhadap pendidikan karakter dan implementasinya sudah sudah cukup baik. Pemahaman guru terhadap pendidikan karakter bangsa juga ditunjukkan dengan guru mampu menerapkan permainan yang mengandung nilai karakter bangsa yaitu religius, disiplin, bekerjasama, sportif, menghormati orang lain, tanggung jawab dan komunikatif , dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Untuk menerapkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan jasmani guru berusaha melaksanakan pembelajaran berdasarkan kesesuaian RPP yang telah dibuat. Menerapkan berbagai metode pembelajaran yaitu : metode diskusi dan tanya jawab, metode komando, metode demonstrasi, metode eksperimen dan simulasi. Dari hasil observasi tercipta interaksi yang cukup baik antara guru dengan siswa, dengan interaksi yang baik nilai karakter dapat tercapi dengan lebih mudah. Meskipun demikian masih juga ada beberapa kekurangan yang terdapat dalam proses pembelajaran, oleh karena itu guru harus membuat catatan dari proses pembelajaran dan mengevaluasinya, sehingga dapat dijadikan referensi untuk perbaikan selanjutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:31
Last Modified: 29 Jan 2019 15:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4065

Actions (login required)

View Item View Item