LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014/2015 DI SMK NEGERI 1 GODEAN

Tannia Octasari, Tannia Octasari (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014/2015 DI SMK NEGERI 1 GODEAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL INDIVIDU - Tannia Octasari 10404244046.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di bangku perkuliahan ke dalam kehidupan masyarakat, dalam hal ini masyarakat sekolah. Dengan program PPL ini diharapkan praktikan dapat menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan profesional. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMK Negeri 1 Godean, praktikan mengajarkan Mata Pelajaran Ekonomi dengan materi Pasar dalam Perekonomian kelas XI khususnya XI Akuntansi semester 1. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, persiapan mengajar, persiapan alat dan bahan praktik, dan pembuatan RPP. Hasil pelaksanaan PPL di SMKN 1 Godean mulai dari 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014 antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama kuliah di UNY dengan baik. Praktikan mendapat kesempatan 12 kali pertemuan untuk kegiatan belajar mengajar dan tambahan 3 kali pertemuan untuk kegiatan ulangan harian di kelas XI Akuntansi. Jadi total pertemuan adalah 15 kali. Materi yang diajarkan adalah terkait jenis-jenis Pasar dalam Perekonomian dengan beberapa kompetensi dasar dan banyak indikator sesuai dengan silabus. Program kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya KBM. Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa/i PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40649

Actions (login required)

View Item View Item