EFEKTIFITAS METODE PRETEND PLAY TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTISTIK KELAS II SDLB DI SLB MA’ARIF MUNTILAN

Nurvi, Prihtiyaningsih (2015) EFEKTIFITAS METODE PRETEND PLAY TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTISTIK KELAS II SDLB DI SLB MA’ARIF MUNTILAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NURVI PRIHTIYANINGSIH_10103244010.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada rendahnya kemampuan interaksi sosial yang ditunjukkan dengan ketidakmampuan menjalin hubungan terhadap orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Metode Pretend Play terhadap kemampuan interaksi sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A-B-A’. Subyek penelitian yaitu satu orang siswa autistik kelas II SDLB berusia delapan tahun dengan jenis kelamin laki-laki. Lokasi penelitian di SLB Ma’arif Muntilan. Teknik pengumpulan data menggunakan inventori kemampuan interaksi sosial serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil analisis disajikan dalam bentuk grafik dan tabel. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode Pretend Play efektif untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak autistik kelas II SDLB. Kemampuan interaksi sosial anak yang meningkat berdasarkan pada kemampuan anak mengikuti aktivitas sesuai dalam naskah atau dialog, kemampuan anak dalam memerankan peran yang ada pada naskah atau dialog, kemampuan anak meniru atau imitasi sesuai yang dicontohkan oleh peneliti, kemampuan anak menerima sugesti dari peneliti seperti ketika peneliti memberikan motivasi-motivasi agar anak semangat belajar, mampu menempatkan diri pada situasi tertentu ditunjukkan pada saat peneliti masuk anak sudah paham lalu duduk ditempatnya, mampu bersimpati terhadap orang lain seperti ikut membereskan peralatan pembelajaran setelah selesai. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode pretend play berpengaruh positif terhadap kemampuan interaksi sosial anak autistik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 25 Aug 2016 03:55
Last Modified: 30 Jan 2019 10:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40645

Actions (login required)

View Item View Item