PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK SMP KELAS VII MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING

Purnamasari, Kartina and Lestari, Himmawati Puji (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK SMP KELAS VII MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING. S1 thesis, UNY.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text
5. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) menggunakan pendekatan kontekstual dan model pembelajaran probing prompting pada materi segitiga dan segi empat. Kualitas produk pengembangan dinilai berdasarkan: 1) aspek kevalidan, 2) aspek kepraktisan, dan 3) aspek keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan pokok yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Kretek. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu: 1) lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, 2) angket respons dan lembar observasi untuk mengukur kepraktisan, dan 3) tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh skor rata-rata RPP yaitu 4,2 dari skor maksimal 5 yang berarti baik dan skor rata-rata LKS yaitu 4,4 dari skor maksimal 5 yang berarti sangat baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh skor rata-rata respons siswa yaitu 3,5 dari skor maksimal 4 yang berarti baik, skor rata-rata respons guru yaitu 3,2 dari skor maksimal 4 yang berarti baik, dan persentase hasil observasi pembelajaran 84,38 % yang berarti baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif ditunjukkan oleh persentase ketuntasan siswa yaitu 80% yang berarti baik. Kata kunci: perangkat pembelajaran, pendekatan kontekstual, model pembelajaran probing prompting, segitiga dan segi empat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:39
Last Modified: 30 Jan 2019 10:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40641

Actions (login required)

View Item View Item