PENGARUH BERMAIN SEPAKBOLA EMPAT GAWANG TERHADAP KESEGARAN JASMANI SISWA PUTRA KELAS V SD NEGERI TLOGOADI MLATI SLEMAN DIY

Nurmalia, Ninda (2016) PENGARUH BERMAIN SEPAKBOLA EMPAT GAWANG TERHADAP KESEGARAN JASMANI SISWA PUTRA KELAS V SD NEGERI TLOGOADI MLATI SLEMAN DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah keterbatasan sarana dan prasarana, perkembangan IPTEK yang berdampak pada menurunnya aktivitas gerak anak, kesegaran jasmani peserta didik yang dinilai kurang dengan menunjukkan sikap kurang bersemangat dan cepat lelah serta belum diketahuinya pengaruh permainan sepakbola empat gawang terhadap kesegaran jasmani siswa putra kelas V SD Negeri Tlogoadi, Mlati, Sleman, DIY. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain sepakbola empat gawang terhadap kesegaran jasmani siswa putra kelas V SD Negeri Tlogoadi, Mlati, Sleman, DIY. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah metode pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design (pembandingan pretest dan posttest tanpa kelompok kontrol). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 39 siswa kelas V SD Negeri Tlogoadi, yang diambil sampel berjumlah 20 siswa putra. Instrumen yang digunakan adalah TKJI untuk anak usia 10-12 tahun dengan reliabilitas untuk putra 0,911 dan nilai validitas 0,884–(aitken) dan treatment bermain sepakbola empat gawang selama 12 kali pertemuan. Teknik analisis data menggunakan uji t, yaitu dengan membandingkan hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil rerata pretest dan posttest kesegaran jasmani siswa putra kelas V SD Negeri Tlogoadi dengan menggunakan treatment bermain sepakbola empat gawang. Hasil tersebut disimpulkan dari hasil beda rata-rata menggunakan repaired t test dengan hasil yang menunjukkan nilai t hitung -7,935 berada di luar daerah penerimaan Ho yaitu -2,093 – 2,093 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menyatakan bahwa Ha (Hipotesis alternatif) yang berbunyi “ada pengaruh bermain sepakbola empat gawang terhadap kesegaran jasmani siswa putra kelas V SD Negeri Tlogoadi, Mlati, Sleman, DIY” diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesegaran jasmani, sepakbola empat gawang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:39
Last Modified: 30 Jan 2019 10:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40640

Actions (login required)

View Item View Item