TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN PRIBADI SISWA KELAS 4 DAN 5 SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI GADINGAN KECAMATAN WATES KABUPATEN KULONPROGO TAHUN 2015 / 2016

RAHAYUNINGSIH, ANIK (2016) TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN PRIBADI SISWA KELAS 4 DAN 5 SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI GADINGAN KECAMATAN WATES KABUPATEN KULONPROGO TAHUN 2015 / 2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Anik Rahayuningsih.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa sudah diberikan pembelajaran pendidikan kesehatan tetapi masih terdapat beberapa siswa yang kurang memperhatikan kebersihan pribadinya. Hal ini dapat dilihat dari keterbatasan penyampaian dan penyuluhan tentang kesehatan pribadi, sehingga siswa belum menyadari pentingnya kesehatan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan tentang kesehatan pribadi siswa kelas 4 dan 5 sekolah inklusi SD Negeri Gadingan Kecamatan Wates Kabupaten Kulonprogo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survai. Instrumen yang digunakan yaitu lembar tes soal. Subjek penelitian ini adalah semua anak kelas 4 dan 5 SD Negeri Gadingan yang berjumlah 66 anak. Ujicoba instrumen di SD Negeri Beji berjumlah 63 siswa. Uji instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus pearson product moment, diketahui dari 36 butir pertanyaan terdapat 6 yang tidak valid, sehingga angket yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 pertanyaan. Hasil uji reliabilitas instrument sebesar 0,897, sehingga dinyatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian dari seluruh siswa kelas 4 dan 5 SD Negeri Gadingan kecamatan Wates kabupaten Kulonprogo yang berjumlah 66 siswa dapat diketahui bahwa tingkat pengetahuan terhadap kesehatan pribadi ditunjukkan sebesar 6,06% sebanyak 4 siswa berada pada kategori “sangat tinggi”, 33,33% sebanyak 22 siswa berada pada kategori “tinggi”, 36,37% sebanyak 24 siswa berada pada kategori “cukup”, 16,67% sebanyak 11 siswa berada pada kategori “kurang”, dan 7,75% sebanyak 5 siswa berada pada kategri “kurang sekali”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, Kesehatan Pribadi
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:38
Last Modified: 30 Jan 2019 10:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40638

Actions (login required)

View Item View Item