LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK N 1 GODEAN

Raras Duhita, Raras Duhita (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK N 1 GODEAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN. KATA PENGANTAR. DAFTAR ISI . RINGKASAN KEGIATAN.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I fiks.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II fiks.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan latihan kependidikan bersifat intrakulikuler dan wajib dilakukan oleh mahasisiwa UNY yang bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan sehingga dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan dan atau kependidikan yang profesional yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam profesi. PPL yang berlokasi di SMK Negeri 1 Godean dilaksanakan secara terpadu dengan program KKN, sehingga memerlukan pemikiran yang lebih karena praktikan dituntut untuk dapat membagi waktu antara waktu PPL dan program KKN. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka PPL antara lain; observasi pra PPL yang meliputi kegiatan observasi fisik dan observasi proses belajar mengajar, praktik mengajar dilakukan pada tanggal 11 Agustus sampai dengan 2 September 2014. Dalam kegiatan PPL ini, praktikan melakukan praktik mengajar kelas XII AK1 dan XII AK2 untuk mata pelajaran manufaktur, di mana setiap minggu terdiri dari 5 jam di setiap masing-masing kelas. Dalam praktik mengajar, praktikan menggunakan metode ceramah interaktif, tanya jawab, diskusi, dan penugasan. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan setiap hari Senin (Jam ke 1,2,3,) dan Rabu (Jam ke 1,2) untuk kelas XII AK 2. Senin (Jam ke 4,5,6) dan Rabu (Jam ke 5,6) di kelas XII AK 1 Program Keahlian Akuntansi, mengajar pelajaran Manufaktur Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada saat KBM di kelas berlangsung dan pembuatan persiapan mengajar yaitu membuat Rancangan Pelaksanaan Pelajaran yang berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan KBM di kelas agar berjalan lebih efektif dan efisien. Seluruh kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya. Namun demikian, hambatan tersebut dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing, pihak sekolah dan sarana prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Aug 2016 03:20
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40631

Actions (login required)

View Item View Item