LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI 2014 – 17 SEPTEMBER 2014 LOKASI : SMA NEGERI 1 SRANDAKAN JL. PANDANSIMO KM.1, SRANDAKAN, BANTUL

SIFA AFIDATI, SIFA AFIDATI (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI 2014 – 17 SEPTEMBER 2014 LOKASI : SMA NEGERI 1 SRANDAKAN JL. PANDANSIMO KM.1, SRANDAKAN, BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL SIFA SOSIOLOGI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Srandakan merupakan satu-satunya Sekolah Menengah Atas yang terdapat di kecamatan Srandakan, Bantul. SMA Negeri 1 Srandakan terdiri dari 4 kelas X dengan rincian 2 kelas MIA dan 2 kelas IIS, 4 kelas XI dengan rincian 1 kelas MIA dan 2 kelas IIS, dan 3 kelas XII dengan rincian 2 kelas IPS dan 1 kelas IPA. SMA Negeri 1 Srandakan menjadi salah satu sekolah yang dipilih UNY sebagai tempat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Pada tahun ini, mahasiswa dari jurusan Pendidikan Sosiologi UNY juga melaksanakan PPL di SMA Negeri 1 Srandakan. Kegiatan PPL UNY berlangsung pada tanggal 2 Juli 2014 – 17 September 2014. Kegiatan utama PPL bagi praktikan adalah mengajar. Namun sebelum praktik mengajar, dilakukan observasi terlebih dahulu guna mengetahui kultur sekolah. Setelah mengetahui karakteristik siswa dan sekolah, dipilih berbagai metode untuk digunakan selama mengajar, serta dirancang berbagai program PPL lainnya. Berbagai metode dan media digunakan selama praktik mengajar di SMA Negeri 1 Srandakan, yaitu diskusi kelompok, ekslporasi seni, peta konsep, dan puzzle. Selama mengajar ditemui beberapa hambatan, antara lain peserta didik yang terlambat masuk kelas, berada di kantin dan tidak mengikuti pelajaran, tidur selama pelajaran berlangsung, dan kurangnya inisiatif dari peserta didik untuk berpartisipasi di kelas. Solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut adalah dengan memberikan teguran/nasehat kepada peserta didik yang bersangkutan dan memotivasi seisi kelas agar memilliki semangat belajar yang tinggi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:23
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40623

Actions (login required)

View Item View Item