PENGEMBANGAN SOFT SKILLSISWA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI SMK MUDA PATRIA KALASAN

Hadi, Rismanto (2016) PENGEMBANGAN SOFT SKILLSISWA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI SMK MUDA PATRIA KALASAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
HADI RISMANTO 11502247015.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN SOFT SKILLSISWA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI SMK MUDA PATRIA KALASAN Oleh : Hadi Rismanto NIM. 11502247015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta meningkatkan soft skillsiswa dengan cara menerapkan strategi cooperative learning tipe jigsaw. Ada empatsoft skill yang menjadi objek dalam penelitian ini, diantaranya adalah disiplin, tanggungjawab, kreatifitas dan komunikasi. Selain itu, penelitian ini juga bermaksud untuk membuktikan apakah metode cooperative learningtipe jigsaw dapat meningkatkan soft skill siswa bila dibandingkan dengan metode konvensional ataupun metode ceramah pada proses pembelajaran yang dilakukan siswa kelas X jurusan elektronika industri di SMK Muda Patria Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa pertemuan, setiap pertemuan menggunakan langkah-langkah : perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian 20 siswa yang kesemuanya adalah siswa laki-laki. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Data tentang keaktifan siswa diperoleh melalui pengamatan kelas untuk membandingkan tingkat soft skill siswa pada setiap siklus. Catatan lapangan digunakan untuk menggambarkan tentang kondisi situasi kelas pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan implementasi metode cooperative learning tipe jigsaw dapat mengembangkan soft skill siswa pada tiap siklus, yaitu kemampuan bertanggungjawab terhadap diri sendiri dan kelompok, meningkatkan kedisiplinan siswa, menginisiasi siswa untuk semakin kreatif, serta mengasah dan meningkatkan kemampuan komunikasi siswa baik dengan teman sekelompoknya maupun dengan guru. Hasil pengamatan penelitian ini menunjukan adanya peningkatan soft skill siswa pada setiap siklusnya. Persentase hasil peningkatan tersebut dari waktu ke waktu mengalami peningkatan, pada pra siklus rata-rata persentase soft skill siswa adalah 40.38% (rendah), kemudian pada siklus I adalah 51.79% (cukup), pada siklus II adalah 61.88% (tinggi) dan siklus III adalah 73.82% (tinggi). Data peningkatan tersebut kemudian membuktikan bahwa penerapan metode cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan soft skill siswa kelas X SMK Muda Patria Kalasan. Kata kunci : tindakan kelas, cooperative learning jigsaw, soft skil

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:16
Last Modified: 30 Jan 2019 10:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40620

Actions (login required)

View Item View Item